MASIGNASUKAv102
6458624155747813650

Ciri-Ciri Panggilan Tes Kerja dan Interview Bermodus Penipuan

Ciri-Ciri Panggilan Tes Kerja dan Interview Bermodus Penipuan
Add Comments
23.11.21
Panduan Pelamar kali ini menjelaskan tentang ciri-ciri panggilan tes kerja dan juga interview yang berujung modus penipuan yang dapat kamu cermati, sebelum mulai menghadiri tempat yang dimaksudkan untuk memenuhi sebuah panggilan tes kerja.

ciri panggilan tes kerja penipuan-kilaskerja.com

Namun setiap panggilan kerja yang bermodus penipuan tersebut sebenarnya tidak akan terjadi jika kamu dapat mensiasatinya di tahap awal mulai melamar pekerjaan tersebut. Untuk itu dapat kamu baca beberapa hal tentang cara mensiasati iklan lowongan kerja palsu tersebut sebelum menindaklanjutinya, dan dari keduanya pun, ciri-cirinya tidak akan jauh berbeda.

Berikut adalah ciri-ciri panggilan tes kerja dan juga interview atau wawancara yang berujung modus penipuan.

Sumber Panggilan
Seorang rekruter dari perusahaan yang valid akan menghubungi calon karyawan melalui nomor telepon dan juga alamat email dengan domain resmi di perusahaan tersebut. Dan jarang sekali rekruter akan menghubungi calon karyawannya menggunakan nomor telepon pribadi ataupun email pribadi dengan domain gratis seperti gmail atau yahoo mail. Dan hindari juga panggilan kerja yang melalui inbox dari beberapa media sosial.

Karakter Bahasa
Karakter bahasa dan juga format kop surat pemanggilan tes kerja yang tidak formal dan bertele-tele saat mendapati panggilan tes kerja. Sebuah panggilan tes kerja yang resmi akan berisi pokok dari bahasan dan tidak mengandung banyak emoticon tambahan, tidak mengandung ajakan untuk membawa teman ataupun sanak saudara untuk mengikuti tes tersebut, dan selain itu format kop surat tidak akan menyertakan nomor kop surat untuk sebuah panggilan tes kerja. Maka hal inipun dapat menjadi bagian dari panggilan tes kerja yang kurang amanah.

Penyertaan Gelar
Seorang rekruter resmi dari perusahaan yang valid tidak akan menyertakan sebuah gelar pribadi, dengan contoh ( S.E, Mrs dan sejenisnya ). Seorang rekruter resmi atau HRD merupakan bagian dari perusahaan tersebut, dan tidak akan menyertakan title pribadinya untuk kepentingan perusahaan yang merupakan pekerjaannya tersebut.

Biaya Awal
Jika dimintai biaya awal atau melakukan transfer dana pada saat mendapatkan panggilan kerja melalui email ataupun whatsapp, maka dapat kamu curigai bahwa panggilan tes kerja tersebut adalah palsu. Perusahaan yang valid tidak akan memungut biaya sepeserpun pada saat melakukan proses rekrutmen.

Lokasi Seleksi
Jika lokasi penyeleksian yang tertera pada panggilan kerja tersebut tidak sesuai dengan alamat perusahaan, maka dapat kamu curigai bahwa panggilan kerja tersebut adalah palsu, yang akan mengarahkan ke alamat oknum rekruter tersebut. Dengan contoh, lokasi seleksi berada di ruko perkantoran ataupun komplek perumahan.

Penempatan Kerja
Jika di dalam format kop surat pemanggilan tes kerja terdapat banyak penempatan lokasi kerja di beberapa daerah, maka dapat ditenggarai bahwa perusahaan tersebut bersifat fiktif, hal tersebut disertakan hanya untuk mengiming-imingi calon kandidat agar tertarik dengan banyaknya lokasi penempatan kerja.

Itulah beberapa ciri-ciri yang dapat kamu cermati terlebih dahulu tentang panggilan tes kerja yang berujung modus penipuan. Agar tidak menemui penyesalan di kemudian hari setelah terjerumus ke dalam alur perekrutan yang tidak membuahkan hasil.

Maka langkah alternatif yang dapat kamu tempuh adalah dengan cara perbanyak wawasan tentang dunia kerja, dan mulailah membangun koneksi melalui jejaring pekerja seperti LinkedIn untuk sekedar memvalidasi sebuah panggilan kerja pada bagian terkait di perusahaan yang kamu lamar tersebut, dan dapat juga bergabung ke beberapa grup di sosial media yang berisi pembahasan tentang pekerjaan.


Jangan Lupa Share Ya
Kamu Baca Juga :