Mau Kirim Ratusan Email Lamaran Kerja? | Cukup 1x Klik Mulai Random Email

Pelamar, Pahami Proses Screening Dokumen Setelah Kirim Lamaran Kerja

Penjelasan perihal sumber, bahan, proses, durasi dalam tahapan screening dokumen lamaran kerja, setelah kandidat mengirimkan lamaran kerja.

Tahapan proses screening dokumen lamaran kerja atau Curriculum Vitae (CV), merupakan tahapan pertama dalam proses rekrutmen karyawan baru yang dilakukan oleh recruitment staff  perusahaan di dalam internal Human Resources Development (HRD) atau departemen pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada perusahaan, dan rekruter atau staf rekrutmen lah yang nantinya akan menyaring (screening) dokumen berkas lamaran kerja kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh masing-masing kepala bagian (user) di tiap-tiap divisi perusahaan.

Dari sedikit penjabaran tersebut maka dapat disimpulkan, Proses Screening CV adalah proses dimana rekruter mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari para kandidat (pelamar) melalui dokumen berkas lamaran kerja yang telah diterimanya.


4 Poin Pemahaman Proses Screening Dokumen Bagi Pelamar, Setelah Kirim Lamaran Kerja


screening cv berapa lama

Poin Pemahaman Pelamar Pada Proses Screening Dokumen

Sumber Screening

Pihak rekruter akan mulai menyaring kandidat/pelamar melalui beberapa sumber, dapat melalui email rekrutmen perusahaan, melalui pos surat, job portal seperti Jobstreet dan lainnya, ataupun formulir registrasi online yang saat ini mulai banyak digunakan untuk melakukan perekrutan karyawan baru.


Bahan Screening

Acuan atau bahan yang digunakan untuk proses screening antara lain meliputi, Biodata Diri, Cover Letter, Resume CV, Surat Lamaran Kerja, Lampiran Berkas Pendukung, Keahlian Khusus, dan juga persyaratan dokumen tambahan lainnya yang telah ditetapkan pada saat melayangkan hiring dalam iklan lowongan kerja melalui beberapa sumber rekrutmen. Maka perhatikan dan lengkapi beberapa dokumen untuk mempermudah rekruter pada saat menyeleksi dokumen lamaran kerjamu, untuk persyaratan lengkap dan kualifikasi yang cocok makan akan diproses ke tahapan screening selanjutnya.


Proses Screening

Maka, setelah kamu selesai mengirimkan lamaran kerja melalui beberapa sumber yang digunakan pihak rekruter tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menunggu proses screening atau penyeleksian dokumen/berkas lamaran kerja yang dilakukan pihak rekruter untuk tiap-tiap lamaran kerja yang mereka dapatkan melalui kotak masuk email atau sumber lainnya, apakah sesuai dengan posisi berserta kualifikasi yang sedang dibutuhkan perusahaan atau tidak.


Durasi Screening

Tahapan screening dokumen lamaran kerja pada umumnya memerlukan proses dengan durasi yang cukup lama, berkisar antara 7 hari sampai berbulan-bulan lamanya untuk beberapa rekrutmen yang dilakukan melalui job portal. Dan tidak menutup kemungkinan dapat lebih cepat dikarenakan posisi yang dibutuhkan bersifat urgensi, yang mungkin dikarenakan adanya karyawan yang resign secara mendadak, ataupun kebutuhan internal dalam perusahaan tersebut, maka proses screening dapat dimulai lebih cepat dari tempo yang biasanya dilakukan. Dan sebaliknya, proses screening lamaran kerja dapat lebih lama dari tempo yang biasanya dilakukan pada umumnya, ini dikarenakan apabila kebutuhan karyawan baru bersifat terprediksi. Dengan contoh, beberapa karyawan akan berakhir kontrak pada bulan atau tanggal sekian, dan telah dipastikan tidak adanya perpanjangan kontrak untuk karyawan tersebut, yang mungkin dikarenakan durasi kontrak telah memenuhi batas maksimal dalam peraturan ketenagakerjaan tentang PKWT, atau dikarenakan karyawan tersebut telah melakukan banyak pelanggaran ataupun kesalahan, yang berkaitan dengan ketidakhadiran ataupun surat peringatan yang diterima sepanjang durasi kontrak yang telah dilewati.


icon cv png


Itulah beberapa poin perihal screening dokumen yang harus kamu pahami selaku pelamar kerja, setelah mengirimkan CV atau lamaran kerja melalui sumber rekrutmen perusahaan. maka telah terjawab untuk pertanyaan yang seringkali dilontarkan pelamar, terkait durasi atau lamanya panggilan psikotes dan wawancara (interview) setelah kandidat mengirimkan lamaran kerja.

Dan mungkin beberapa kesalahan dasar pelamar kerja terkait screening dokumen lamaran kerja yaitu, seringkali mengabaikan kelengkapan dokumen yang diminta pihak rekrutmen, ataupun mengosongkan biodata singkat yang seharusnya terdapat pada body email lamaran kerja dan kurang memperhatikan beberapa ketentuan khusus yang diminta oleh rekruter. Maka, perhatikanlah beberapa syarat yang harus dilampirkan dan juga ketentuan-ketentuan yang harus diikuti pelamar, untuk permudah kelulusan tahapan screening dokumen tersebut.


Jangan Lupa Share Ya
Personal blogger at loker.kilaskerja.com | kilaskerja.com | rasapoetra.my.id.

Posting Komentar