MASIGNASUKAv102
6458624155747813650

14 Berkas Yang Harus Dilengkapi Sebelum Melamar Kerja

14 Berkas Yang Harus Dilengkapi Sebelum Melamar Kerja
Add Comments
11.9.21
Berkas Lamaran Kerja-kilaskerja.com


Untuk melamar sebuah pekerjaan pastilah kamu harus menyiapkan beberapa berkas lamaran yang harus disiapkan sebelum kamu mulai aktif menjadi seorang pelamar kerja. Karna nantinya pihak perusahaan menginginkan beberapa berkas lamaran yang lengkap dan juga valid untuk keperluan pemrosesan data disaat kamu telah diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan berkas-berkas yang lengkap maka akan memungkinkan kamu menjadi kandidat yang lebih diprioritaskan dibandingkan kandidat lainnya. Untuk itu hindari mengirimkan lamaran yang kurang lengkap, karna bisa membuat lamaran kamu diabaikan oleh pihak rekrutmen dari perusahaan yang kamu lamar tersebut.

Berikut adalah beberapa berkas yang harus kamu lengkapi sebelum mengirimkan lamaran kerja.

  • Surat Lamaran
Ini adalah hal yang wajib kamu lampirkan di dalam berkas lamaran kerja. Surat lamaran dapat kamu tulis tangan dengan bahasa yang formal dan jelas atau dengan ketikan software pengolah kata, tergantung dari jenis perusahaan yang akan lamar. Tanpa surat lamaran kerja maka semuanya akan terlihat kurang lengkap dihadapan pihak rekrutmen, karna dengan surat lamaran maka pihak rekrutmen akan menilai dari tata bahasa yang kamu gunakan atau karakter tulisan kamu yang dapat dinilai oleh pihak rekrutmen.

  • Curriculum Vitae
CV atau Daftar Riwayat Hidup juga tidak kalah penting, karena di dalam sebuah halaman riwayat hidup akan menerangkan data diri kamu dari mulai nama lengkap, pendidikan terakhir kamu, riwayat pengalaman kerja kamu jika sudah pernah bekerja, alamat kamu dan juga nomor telepon yang dapat dihubungi oleh pihak rekrutmen apabila kamu telah ditetapkan menjadi seorang kandidat yang selanjutnya dapat mengikuti proses tahapan seleksi awal di perusahaan tersebut. Maka buatlah daftar riwayat hidup semenarik mungkin dengan tata bahasa yang formal agar menjadi nilai jual dihadapan rekrutmen.

  • E-KTP
Kartu Tanda Penduduk yang valid adalah berkas yang penting yang harus kamu lampirkan dalam sebuah lamaran kerja, pihak rekrutmen akan memproses beberapa kepentingan pekerja seperti untuk lampiran pembuatan rekening bank, pembuatan bpjs kesehatan juga ketenagakerjaan menggunakan data dari E-KTP kamu. Usahakan memperbanyak fotokopi E-KTP dan scan E-KTP asli kamu jika ingin membuat lamaran yang akan dikirimkan melalui email.

  • Ijazah
Tanpa ijazah maka pihak perusahaan tidak akan mungkin percaya bahwa kamu sudah menempuh sebuah akademik dan sudah dinyatakan lulus dari bangku sekolah atupun perkuliahan. Terkecuali kamu melamar sebuah pekerjaan yang sifatnya non formal maka ijasah mungkin bukan menjadi sebuah masalah untuk tidak dilampirkan. Dan nilai dalam ijazah juga akan menjadi acuan dari pihak rekrutmen untuk menentukan layak tidaknya kamu menjadi seorang kandidat di perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan menginginkan ijasah dengan legalisir dari pihak sekolah, maka persiapkan juga beberapa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir untuk dilampirkan ke dalam lamaran kerja.

  • SKHUN
Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional akan sama halnya seperti ijazah, dengan format ijazah yang berbeda-beda di tiap daerah dan tahun kelulusan, maka di dalam SKHUN/SHUN juga terdapat nilai dari ujian nasional yang akan dipertimbangkan oleh pihak rekrutmen untuk memproses lamaran kamu. Inipun sama halnya seperti ijazah dengan beberapa perusahaan menginginkan legalisir di fotokopi SKHUN yang kamu lampirkan. Untuk tahun kelulusan terbaru kemungkinan SKHUN sudah tidak disertakan lagi di dalam dokumen kelulusan.

  • Pas Foto
Gunakan foto terbaru kamu dengan gestur yang meyakinkan yang akan dilampirkan ke dalam sebuah lamaran kerja. Gunakan pakaian formal dan usahakan dengan background yang berwarna merah atau biru. Ukuran foto yang digunakan biasanya dengan ukuran 2x3cm atau 4x6cm, lampirkan keduanya jika kamu masih kurang merasa yakin dengan ketentuan perusahaan yang akan kamu lamar tersebut.

  • SKCK
Surat Keterangan Catatan Kepolisian juga masih menjadi sebuah acuan dari pihak rekrutmen untuk mempertimbangkan layak tidaknya kamu menjadi seorang kandidat. Dengan surat keterangan tersebut maka akan terlihat bahwa kamu tidak sedang dalam masalah kriminal ataupun tidak pernah berurusan dengan pihak berwajib. Untuk membuat surat keterangan tersebut maka kamu cukup mendatangi polsek yang sesuai dengan alamat KTP atau domisili, dengan membawa syarat seperti akte kelahiran dan juga foto ukuran 4x6 terbaru dan jelas. Jika kamu sudah pernah membuat surat keterangan tersebut, hendaklah diperbaharui terlebih dahulu untuk dilampirkan di lamaran kerja.

  • Surat Keterangan Sehat
Lampirkan surat keterangan sehat yang terbaru yang dapat kamu buat di beberapa klinik terdekat, dengan keterangan untuk melamar pekerjaan. Dengan menggunakan surat keterangan ini maka perusahaan akan mengetahui postur badan kamu yang disertakan pada kolom keterangan dan juga tensi darah yang dicantumkan pada surat keterangan sehat. Meskipun beberapa perusahaan akan menerapkan proses medical checkup, namun surat keterangan ini akan menjadi modal yang penting sebelum kamu dipastikan menjadi kandidat di perusahaan tersebut.

  • Kartu Keluarga
Ini akan menjadi lampiran yang tidak semua perusahaan menginginkan sebuah lampiran kartu keluarga. Namun beberapa perusahaan memerlukan data dari susunan anggota keluarga kamu, apabila kamu sudah berkeluarga maka akan menjadi acuan nantinya ke berbagai tunjangan kebijakan yang diberlakukan di dalam perusahaan yang akan kamu lamar tersebut.

  • Paklaring
Jika kamu pernah bekerja di perusahaan sebelumnya, maka yang wajib kamu lampirkan yaitu paklaring sebagai bahan pertimbangan bahwa kamu sudah pernah bekerja dan menempati posisi yang tertera pada paklaring. Andai perusahaan yang akan kamu lamar tersebut sedang membutuhkan bagian yang sudah kamu kuasai di perusahaan sebelumnya, maka kemungkinannya besar akan menjadi kandidat yang diprioritaskan lebih dulu dibanding kandidat yang lain.

  • Sertifikat
Melampirkan sertifikat juga dapat membantu kamu menjadi kandidat yang diprioritaskan lebih dulu oleh pihak rekrutmen. Apabila kamu pernah melalui beberapa pelatihan kerja atupun pelatihan akademik lainnya, maka sebaiknya lampirkan fotokopi sertifikat yang sudah kalian dapatkan agar menjadi nilai jual dihadapan pihak rekrutmen.

  • Buku Rekening
Ini tidak untuk dilampirkan ke dalam lamaran kerja, namun akan membantu disaat kamu telah diterima di perusahaan tersebut dan jika proses penggajian di perusahaan tersebut menggunakan metode transfer melalui bank, maka pihak perusahaan tidak perlu lagi meminta kamu untuk membuat sebuah rekening baru. Beberapa perusahaan memiliki kerjasama dengan beberapa bank tertentu untuk melakukan payroll, maka sebaiknya gunakan bank yang ternama yang sering dipakai untuk metode penggajian di beberapa perusahaan. Untuk itu dapat kamu siapkan sebuah fotokopi buku rekening bank yang mencantumkan nomor rekening bank yang kamu miliki tersebut.

  • Kartu BPJS
Jika kamu sudah pernah bekerja di tempat sebelumnya, maka sebaiknya persiapkan sebuah fotokopi kartu bpjs kesehatan dan juga ketenagakerjaan untuk dipersiapkan sewaktu-waktu pada saat pihak rekrutmen meminta data tersebut. Ini akan memudahkan pihak rekrutmen tanpa harus mendaftarkan data diri kamu untuk dibuatkan dengan yang baru. Dan kamu tidak perlu lagi mempunyai banyak kartu ketenagakerjaan pada saat kamu telah melampirkan kartu bpjs ketenagakerjaan yang pernah kamu pakai sebelumnya.

  • Portofolio
Ini dapat menjadi sebuah lampiran yang memberikan nilai lebih dari pihak rekrutmen jika kamu pernah membuat sebuah karya. Dan menjadi keunikan tersendiri dibanding dengan kandidat-kandidat lainnya, karna kamu dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat diapresiasi disisi kreatifitas.

Itulah beberapa berkas yang harus kamu persiapkan pada saat hendak melamar kerja di perusahaan. Untuk berkas pendukung lain yang dapat kamu persiapkan yaitu NPWP dan juga Transkip Nilai jika memilikinya. Maka dapat kamu fotokopi berkas-berkas secukupnya jika ingin membuat lamaran kerja untuk dikirimkan di beberapa perusahaan. 

Dan usahakan agar setiap berkas lamaran disalin ke ponsel ataupun melalui penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox, yang sewaktu-waktu dapat kalian pakai pada saat dibutuhkan dan tidak mempunyai salinan berkas asli untuk dilampirkan.


Jangan Lupa Share Ya

Kamu Baca Juga :