Mau Kirim Ratusan Email Lamaran Kerja? | Cukup 1x Klik Mulai Random Email

10 Posisi Pekerjaan Terbaru Untuk Lulusan Smk & Sma Yang Trending di Tahun 2022

Simak bahasan Pelamar berikut ini, tentang 10 posisi pekerjaan terbaru yang sedang trending dengan kualifikasi lulusan Smk dan Sma.
Daftar Isi

Pendahuluan Bahasan

Apakah kamu lulusan Smk atau Sma? Sedang berusaha melamar lowongan kerja terbaru operator produksi namun terlalu banyak saingan? Atau terkendala kualifikasi usia maksimal yang diterapkan perusahaan?


Maka dapat kamu simak bahasan pelamar berikut ini, tentang 10 posisi pekerjaan terbaru yang trending di tahun 2022 lulusan Smk dan Sma.

Posisi Pekerjaan Terbaru Lulusan Smk & Sma

Penjelasan

Era digital seperti sekarang ini beberapa perusahaan ataupun bisnis start up begitu sensitif untuk berusaha memanfaatkan peluang yang ada, dan mulai membaur dengan media sosial agar target penjualan mereka naik pesat dan dapat dikenal masyarakat luas dengan sangat baik.

Media sosial dapat menjadi sebuah perantara bagi sebuah perusahaan untuk mempromosikan produknya dengan sangat cepat, dan sekaligus meningkatkan branding untuk nama besar perusahaan tersebut yang terbilang lebih maju dan juga unggul dibandingkan para kompetitornya.

Seiring dengan target perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan juga tercapainya target penjualan, dan untuk mengimbangi perihal ini maka pastilah harus diimbangi juga dengan SDM yang mumpuni agar tercapai target perusahaan tersebut.


Manfaat Bagi Pelamar

Dan di sisi dari pelamar kerja, maka akan menjadi keuntungan tersendiri dengan adanya beberapa posisi pekerjaan terbaru yang sedang trending di era digital ini. Dan dapat meminimalisir persaingan yang ketat saat mencari pekerjaan dengan kualifikasi pendidikan yang umum.


Bahasan 10 Posisi Pekerjaan Terbaru Yang Sedang Trending di Tahun 2022, Khususnya Lulusan SMK dan SMA

Maka berikut adalah posisi pekerjaan baru yang dapat kamu coba untuk mulai melamar pekerjaan.

Social Media Specialist

Posisi pekerjaan Social Media Specialistumumnya mempunyai job desk untuk menghandle semua akun media sosial yang dimiliki perusahaan. Pada umumnya media sosial yang digunakan mencakup Instagram, Facebook, YouTube dan bahkan TikTok. Dengan target mempromosikan produk perusahaan dan meningkatkan branding perusahaan melalui akun media sosial. Dan subjek alternatif lainnya untuk posisi ini adalah "Admin Media Sosial". Dan persiapkanlah akun media sosial personal dengan followers atau subscriber yang tinggi yang akan dijadikan portofolio untuk bahan pertimbangan dari perusahaan.

Live Streamer

Belum pernah mendengar posisi pekerjaan terbaru ini? Posisi pekerjaan ini pada umumnya hanya diperuntukkan untuk kebutuhan live streaming perusahaan atau pengelola bisnis yang memanfaatkan media sosial seperti YouTube dan juga TikTok. Konten yang dibawakan akan mencakup produk dari perusahaan tersebut atau hasil dari kolaborasi dengan kolaborator lainnya. Kualifikasi yang diminta biasanya kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berani tampil di depan kamera, dan good looking adalah pendukung tambahan untuk menjadi bagian Live Streamer perusahaan.

Digital Marketing

Posisi terbaru ini diperuntukkan untuk menekan target penjualan perusahaan melalui beberapa media sosial ataupun website. Dengan menawarkan produk dan follow up calon customer melalui akun media sosial dan berkoordinasi dengan tim marketing dan juga design saat merencanakan target pemasaran tersebut. Posisi Digital Marketing diharuskan mempunyai jiwa marketing yang tinggi, komunikasi yang baik dan memahami trend terbaru di media sosial.

Content Creator

Untuk kamu yang memahami trend terkini di media sosial dan berjiwa kreatif, maka kamu dapat mencoba melamar posisi Content Creator. Dengan beberapa kemampuan edit konten grafis ataupun video grafis melalui software ataupun aplikasi untuk menciptakan hasil yang diminati para pengguna media sosial, yang mungkin akan berkolaborasi dengan posisi sosial media spesialist dan juga marketing untuk melakukan tugasnya. Dan umumnya software yang digunakan mencakup Photoshop, Illustrator/Corel Draw, Premiere, After Effect dan juga software pengolah grafis lainnya. Maka persiapkanlah konten-konten yang pernah kamu buat sebelumnya agar dijadikan menjadi portofolio digital.

Videografer

Jika kamu mempunyai kreativitas dan kemampuan untuk membuat sebuah video yang menarik, maka posisi ini dapat kamu coba untuk segera melamar. Pada umumnya akan mempunyai ruang lingkup untuk melakukan peliputan sebuah produk terbaru atau keperluan branding perusahaan melalui konten video yang akan dipublikasikan melalui media sosial, khususnya YouTube. Untuk kamu yang ingin melamar posisi Videografer, maka persiapkanlah portofolio video yang menarik hasil dari kreativitasmu, yang dapat meningkatkan minat perusahaan untuk segera merekrut kamu menjadi bagian dari perusahaan.

Photografer

Meskipun terdapat kemungkinan untuk digabungkan dengan jobdesk seorang Videografer, maka bukan tidak mungkin jika perusahaan yang tidak memiliki konten video dan akan melakukan hiring hanya untuk sebuah posisi Photografer. Yang tugasnya untuk melakukan pemotretan sebuah produk dari perusahaan atau kebutuhan internal perusahaan yang kemungkinan akan diolah selanjutnya oleh seorang content creator. Maka persiapkanlah portofolio digital dari akun media sosial yang dapat dijadikan bahan pertimbangan pada saat melamar posisi ini.

Content Writer

Posisi pekerjaan ini sebenernya sudah cukup lama, tetapi seiring perkembangan digital yang meningkat melalui sebuah website maka posisi Content Writer juga dapat kamu coba jika kamu gemar menulis melalui artikel website atau mempunyai blog pribadi. Untuk posisi ini kamu diharuskan memiliki tata bahasa dan juga memahami struktur artikel yang baik, serta pemahaman SEO saat menerapkan keyword pada artikel yang akan ditulis. Tujuannya agar algoritma mesin pencari dapat dengan mudah menemukan artikel dengan tata bahasa dan juga penerapan kata kunci yang pas. Kamu harus memahami keyword yang sedang trending saat ini ataupun melakukan riset keyword dengan pertimbangan volume yang dihasilkan pada tiap keyword melaui tools riset keyword.
Dan persiapkanlah portofolio artikel yang sudah kamu buat atau blog yang pernah kamu tulis sebelumnya.

Copy Writer

Apa perbedaannya dengan Content Writer? Meskipun sama-sama diperuntukkan untuk menulis, namun posisi Copy Writer akan lebih tertuju kepada kebutuhan perusahaan pada penulisan artikel atau caption produk perusahaan, dengan tujuan branding dari perusahaan. Hasil dari tulisan Copy Writer lebih tertuju untuk cakupan masyarakat luas untuk memudahkan, memahami dalam hal penyampaian melalui deskripsi produk atau caption konten pada setiap akun media sosial atau website yang dimiliki perusahaan.

SEO Specialist

Search Engine Optimization Specialist atau disingkat SEO Specialist ini adalah bagian dari Webmaster sebelumnya, namun akhir-akhir ini telah dipecah menjadi bagian tersendiri yang lebih spesifik. Jika kamu seorang blogger yang mengelola website atau blog pribadi dan memahami algoritma mesin pencari seperti Google, maka ini akan menjadi pertimbangan tersendiri agar kamu dapat menjadi sebuah bagian dari perusahaan untuk menangani SEO pada website perusahaan. Umumnya kamu harus memahami cara meningkatkan performa website di sisi SEO dan menganalisa perkembangan website perusahaan dan juga melakukan riset keyword serta memahami struktur penulisan artikel yang baik. Kualifikasi lainnya biasanya akan mencakup backlink, internal/eksternal link, inbound/outbound link dan beberapa teknik SEO lainnya. Tools yang biasanya digunakan mencakup Google Analytic, Google Search Console, Bing Webmaster, Ahrefs, Moz, Wordpress, serta pemahaman bahasa pemrograman HTML, CSS dan lainnya. Maka pergunakanlah website atau blog pribadi kamu untuk dijadikan portofolio pada saat melamar posisi pekerjaan ini.

SEM Specialist

Search Engine Marketing Specialist atau SEM Specialist adalah sub posisi pekerjaan terbaru yang sama dari SEO, namun sejauh ini akan lebih terperinci ke arah marketing dari perusahaan serta diperluas ke arah media sosial dan juga e-commerce. Selain dari pemahaman SEO, maka kamu harus memahami algoritma untuk iklan Pay Per Click (PPC) dan pernah melakukan kampanye sebuah iklan melalui Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads ataupun Google Shopping untuk e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

Penutup Bahasan

Maka itulah 10 posisi pekerjaan terbaru yang sedang trending di tahun ini, dan mulailah membenahi portofolio digital kamu sekarang, dan selanjutnya dapat kamu cari menggunakan kata kunci posisi pekerjaan tersebut untuk memulai melamar pekerjaan terbaru.


Kesimpulan dan Saran

Untuk itu mulailah keluar dari zona aman yang monotone, dan hindari persaingan yang memang sulit untuk mendapatkan pekerjaan, serta jangan takut untuk memulai dengan lingkungan kerja baru.

Dan di sisi lain, maka ini akan menjadi momentum peningkatan karir dan memperluas pengalaman kerja untuk dapat dimanfaatkan ke jenjang berikutnya, serta kamu akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kreativitas dan juga keahlianmu.


Jangan Lupa Share Ya
Personal blogger at loker.kilaskerja.com | kilaskerja.com | rasapoetra.my.id.

Posting Komentar