MASIGNASUKAv102
6458624155747813650

Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Ingin Melamar Pekerjaan

Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Ingin Melamar Pekerjaan
Add Comments
11.9.21
Berkas Lamaran Kerja-kilaskerja.com

Jika kamu mulai berpikir dan sudah merasa siap ingin memasuki sebuah dunia kerja, maka kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memulai untuk melamar sebuah pekerjaan. Karena sebuah persiapan yang maksimal dapat membantu kamu dan juga mempermudah pada saat mulai aktif menjadi seorang pelamar kerja.

Maka berikut adalah hal-hal yang harus kamu persiapkan pada saat ingin melamar sebuah pekerjaan.

  • Berkas Lamaran
Beberapa berkas lamaran harus mulai kamu persiapkan disaat ingin melamar pekerjaan, seperti mempersiapkan sebuah cv (curriculum vitae), pas foto kamu yang jelas dan juga terbaru, fotokopi ktp, fotokopi keterangan domisili jika kamu tempat tinggal kamu tidak sesuai alamat ktp, fotokopi ijazah, fotokopi skhun, fotokopi skck yang masih berlaku, fotokopi paklaring jika kamu sudah pernah bekerja di tempat lain, fotokopi sertifikat jika pernah mengikuti sebuah pelatihan, dan fotokopi akte kelahiran juga fotokopi kartu keluarga meskipun jarang untuk dilampirkan, namun tidak sedikit perusahaan yang meminta berkas tersebut.

  • Mental
Disamping dari sebuah lamaran kerja yang lengkap, maka kamu juga harus mulai persiapkan mental yang kuat jika ingin melamar sebuah pekerjaan. Kamu akan dihadapkan dengan sebuah dilema jika lamaran yang sudah kamu kirim ke banyak perusahaan tidak mendapatkan respon dan juga tidak menerima panggilan untuk proses tes kerja. Ini akan sangat melelahkan dan mulai menguras energi disaat usaha yang telah maksimal namun tidak membuahkan hasil. Maka persiapkan mental agar tidak merasa depresi dan tetap semangat juga percaya diri untuk terus melamar sebuah pekerjaaan hingga membuahkan hasil.

  • Personal Branding
Arti personal branding disini bukan berarti menjual diri di sisi yang negatif, tetapi menjual diri agar perusahaan yang kamu lamar akan lebih tertarik dari kepribadian kamu yang akan terbawa sampai di lingkungan kerja nanti. Mulailah perhatikan jejak digital kamu, di era digital seperti sekarang ini ada beberapa perusahaan menginginkan akun profil sosial media kalian untuk menelusuri sebuah karakter melalui sebuah postingan kalian yang terdapat di media sosial. Maka mulailah merapihkan beberapa postingan yang dianggap akan menimbulkan kesan negatif untuk menilai sebuah karakter kamu.

  • Jenis Perusahaan
Untuk kamu yang mulai memimpikan sebuah perusahaan yang bonafit tetapi tidak sesuai dengan karakter kalian makan lebih baik urungkan. Kamu harus perhatikan jenis perusahaan apa yang ingin kamu lamar. Pastikan jenis perusahaan sesuai dengan jurusan akademik kamu dan mengetahui jurusan apa yang akan diterima di perusahaan tersebut. Dengan contoh, sebuah perusahaan otomotif menginginkan lulusan dengan jurusan otomotif akan tetapi jurusan akademik kamu adalah tata boga, maka itu hanya akan menyia-nyiakan sebuah lamaran yang telah terkirim.

  • Alamat Perusahaan
Jika kamu mengirimkan sebuah lamaran melalui email, akan mungkin yang kalian ketahui hanyalah sebuah alamat email namun tidak mengetahui alamat fisik dari sebuah perusahaan tersebut. Apabila kamu mendapatkan panggilan untuk menjalankan proses tes kerja sehari setelah menerima panggilan melalui telepon maka akan sangat membingungkan disisi kamu belum survey lokasi perusahaan yang kamu lamar tersebut. Jadi mulailah survey digital lokasi perusahaan tersebut melalui google maps pada saat ingin mengirimkan sebuah lamaran kerja melalui email.

  • Koneksi
Perbanyak koneksi pada saat ingin mencoba melamar pekerjaan. Pertama bangun koneksi melalui lingkungan, sahabat ataupun dari lingkungan tempat tinggal kamupun akan mempermudah kamu mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan. Dan kedua melalui koneksi digital, kamu dapat mencoba membangun koneksi menjadi member yang aktif melalui Linkedin dan gabung ke dalam grup lowongan kerja di beberapa media sosial untuk mendapatkan informasi terkini dan jangan sungkan untuk saling tukar informasi.

  • Belajar
Meskipun kamu telah mengakhiri masa akademik bukan berarti untuk berenti belajar. Awal proses dari setiap calon pekerja adalah tahap tes, entah itu tahapan tes tertulis seperti tes army alpha, tes wartegg, tes kraepelin ataupun tes praktek lainnya. Beberapa tes tertulis akan mengandalkan beberapa soal matematika dan juga bahasa indonesia yang sebenarnya telah kamu dapatkan pada saat di bangku sekolah. Materi perhitungan akan sering muncul di dalam tahapan psikotes dan untuk tes praktek akan mengandalkan sebuah keterampilan dalam mengolah data seperti Microsoft family, maka asah terus kemampuan kamu dalam berhitung dengan tempo yang cepat dan jangan tinggalkan kemampuan kamu dalam menggunakan software pengolah data. Dan jangan lupa juga untuk survey digital melalui internet tentang materi tes yang sering muncul di beberapa tes perusahaan.

  • Fisik
Persiapkan fisik yang prima disaat kamu mulai melamar pekerjaan, hindari tidur larut malam dan jaga pola makan. Jangan sampai disaat kamu ingin memulai proses seleksi di tahap psikotes dengan keadaan mengantuk dan hilang konsentrasi dalam mengerjakannya, ini akan mempengaruhi hasil dari psikotes kamu. Dan beberapa perusahaan menginginkan kandidat yang mempunyai berat badan yang ideal dan tentu saja sehat. Ini akan ditentukan pada saat kamu mulai memasuki proses tahapan tes medical check up.

  • Siaga
Terlepas dari siap siaga kamu dalam hal fisik, maka  yang harus kamu perhatikan adalah siaga kondisi. Disaat kamu telah melamar pekerjaan melalui email ataupun media lainnya, setelahnya kamu harus terus siap siaga disaat mendapatkan panggilan melalui telepon ataupun balasan email untuk melakukan proses seleksi dari perusahaan yang kamu lamar tersebut. Maka ponsel kalian harus dalam keadaan aktif dengan nomor telepon yang telah kamu cantumkan dalam surat lamaran kerja. Jangan sampai disaat perusahaan tersebut ingin menghubungi kamu untuk melakukan proses seleksi tetapi kamu tidak siap, dan bisa jadi pihak dari perusahaan akan mencari kandidat lain yang mudah dihubungi untuk melakukan proses tahapan seleksi.

  • Doa
Di sisi lain dari sebuah ikhtiar dalam melamar pekerjaan, maka doa adalah pengiring yang wajib kamu pakai sebelum mengawali setiap proses agar mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan sesuatu. Dan mintalah doa dari orang tua disaat ingin melamar sebuah pekerjaan, ini akan membantu dari apa yang sedang kamu usahakan dalam melamar kerja dan berkah pada saat sudah diterima bekerja.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan pada saat ingin melamar pekerjaan. Dengan banyaknya persiapan yang telah kamu penuhi, maka kamu telah siap untuk melamar sebuah pekerjaan dan persiapan tersebut akan menentukan hasil akhir dari banyaknya ikhtiar yang telah dilakukan.


Jangan Lupa Share Ya

Kamu Baca Juga :